Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Secara Alami

Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Secara Alami

Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Secara Alami

Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Secara Alami - Jerawat merupakan kondisi dimana folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Jerawat sendiri dapat berupa bintik merah kecil, atau jerawat batu yang menimbulkan rasa nyeri. Tidak hanya di area wajah, jerawat juga dapat muncul pada punggung, dada, atau pundak.

Pada umumnya, jerawat akan hilang dengan sendirinya. Meski demikian, kehadiran jerawat dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.


Penyebab Jerawat


Banyak hal yang dapat memicu timbulnya jerawat. Berikut diantaranya:

  • Bakteri;
  • Sumbatan pada folikel rambut
    Hormon;
  • Produksi sebum yang berlebihan;
  • Dan sebagainya.

Selain itu, ada juga beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami jerawat. Berikut diantaranya:

  • Masa pubertas;
  • Perubahan hormon;
  • Faktor genetik (keturunan);
  • Stres;
  • Merokok;
  • Konsumsi obat-obatan;
  • Penggunaan kosmetik;
  • Terjadi gesekan kulit dengan benda tertentu;
  • Sarung bantal jarang diganti;
  • Suka menyentuh muka dengan keadaan tangan kotor;
  • Dan sebagainya.


Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami


Selain menggunakan obat atau kosmetik tertentu, Anda juga bisa menghilangkan jerawat dengan bahan alami. Cara ini tentu lebih aman, karena tidak menggunakan bahan kimia. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghilangkan jerawat.


1. Madu


Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Secara Alami

Madu merupakan bahan yang kaya manfaat. Selain memiliki rasa yang manis, madu juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan dikutip dari sebuah sumber, madu telah digunakan sejak 5500 SM. Tepatnya oleh bangsa Mesir kuno.

Di dunia kecantikan, madu bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan pada madu, bisa membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Cara penggunaanya juga cukup mudah. Anda bisa langsung mengoleskan madu ke area yang berjerawat, atau menggunakanya sebagai masker.


2. Green Tea


Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Secara Alami

Pada umumnya, orang yang berjerawat memiliki terlalu banyak sebum, dan kurang antioksidan. Padahal, antioksidan bermanfaat untuk membantu tubuh dalam memecah zat berbahaya.

Green tea atau teh hijau, memiliki kandungan antioksidan polifenol yang disebut dengan catechins. Hampir sama seperti madu, teh hijau juga dapat membersihkan kotoran yang ada pada jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat dari teh hijau, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, atau menggunakan ekstrak teh hijau sebagai masker wajah.


3. Bawang Putih


Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Secara Alami

Selain madu, bawang putih juga telah lama dikenal sebagai bahan yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat bawang putih adalah dapat membantu menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan, bawang putih mengandung sulfur, dan sejumlah zat lain seperti antioksidan, antiseptik, antijamur, dan sebagainya.

Untuk menghilangkan jerawat dengan bawang putih, Anda hanya perlu memotong 1 siung bawang putih. Lalu dioleskan pada area yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Namun yang perlu diingat, penggunaan bawang putih secara langsung pada kulit dapat menimbulkan sedikit rasa panas. Jadi, gunakanlah dengan hati-hati.


4. Lidah Buaya


Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Secara Alami

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, lidah buaya bisa menjadi bahan alternatif untuk menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan, lidah buaya memiliki kandungan air yang tinggi. Lidah buaya juga mengandung anti-inflamasi dan antibakteri alami, yang dapat membantu menghilangkan jerawat.

Cara menggunakanya juga cukup mudah. Langkah pertama, bersihkan terlebih dahulu kulit yang berjerawat. Selanjutnya, oleskan gel lidah buaya secara perlahan. Tunggu beberapa saat. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.


5. Putih Telur


Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Secara Alami

Tips selanjutnya, Anda bisa menggunakan putih telur. Selain membantu mengurangi peradangan, putih telur juga bermanfaat untuk mengontrol produksi minyak dan mengencangkan kulit.

Anda bisa menggunakan putih telur sebagai masker. Cukup aplikasikan putih telur ke area wajah, diamkan kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Jika dalam beberapa hari jerawat masih belum sembuh, coba konsultasikan dengan dokter terkait (spesialis kulit), untuk mendapatkan solusi dan penanganan yang tepat.

Demikian informasi mengenai Tips Mengatasi Jerawat Secara Alami, semoga bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini