Banyak yang Belum Tahu, Apa itu Pandemi? - iKNOW ID
Artikel Baru
Loading...

Jumat, 03 April 2020

Banyak yang Belum Tahu, Apa itu Pandemi?

Banyak yang Belum Tahu, Apa Itu Pandemi?Apa Itu Pandemi, Epidemi, Endemi, dan Wabah? - Akhir-akhir ini dunia digemparkan dengan penemuan virus baru yaitu SARS-CoV-2 atau yang biasa kita sebut dengan COVID-19. Pandemi ini pertama kali terjadi pada Desember 2019, dan diduga berasal dari Kota Wuhan, China. Sampai sekarang ini pandemi global ini masih berlangsung, dan para pahlawan kita "para dokter dan tenaa medis" terlah berjuang mati - matian untuk memerangi virus ini, yang telah memakan banyak korban jiwa.


Namun dari semua kejadian ini, apakah kalian tahu, apa arti dari Pandemi itu sendiri? Oke, tidak apa - apa jika kalian belum mengetahui apa itu pandemi, karena disini kita akan menjelaskan apa itu pandemi, dan status bencana lainya.

Pandemi Itu Apa Sih?

Ada 4 status dalam mempelajari pola penyebaran penyakit, diantaranya Endemi, Wabah, Epidemi dan yang paling luas adalah Pandemi.

1. Endemi

Endemi diartikan sebagai sebuah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat, dan secara umum dikatakan bahwa Endemi adalah penyebaran penyakit dengan jumlah banyak yang menyerang secara cepat di suatu daerah, atau bisa dikatakan Endemi adalah suatu penyebaran penyakit tingkat daerah/wilayah.

Contoh kasus endemi yang sudah terjadi adalah Virus Ebola yang terjadi di Afrika pada 2014.

Banyak yang Belum Tahu, Apa Itu Pandemi?
Virus Ebola di Afrika
(Sumber: HiTekno)

2. Wabah

Wabah dikatakan sebagai penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, dan menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas, atau secara garis besar bisa dikatakan bahwa wabah adalah penyakit tingkat daerah hingga tingkat negara.

Contoh kasus wabah yang sudah terjadi adalah cacar, demam berdarah, korela.

Banyak yang Belum Tahu, Apa Itu Pandemi?
Nyamuk DBD
(Sumber: Merdeka)


3. Epidemi

Epidemi adalah penularan penyakit yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban, atau secara umum diartikan sebagai penularan penyakit yang menjangkit orang dalam jumlah besar di suatu wilayah atau populasi tertentu. Secara singkat Epidemi adalah penyakit tinggat antar negara.

Contoh kasus epidemi yang sudah terjadi adalah SARS pada 2003

Banyak yang Belum Tahu, Apa Itu Pandemi?
SARS di 2003
(Sumber : History)

4. Pandemi

Pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak dimana mana, meliputi daerah geografis yang luas, dan secara umum dikatakan sebagai sebuah penyakit baru yang menyebar di seluruh dunia, dan melampaui batas, yang berarti pandemi adalah penyakit tingkat dunia.

Contoh kasus pandemi yaitu COVID-19

Banyak yang Belum Tahu, Apa Itu Pandemi?
COVID-19
(Sumber: Tirto)



Apakah COVID-19 Adalah Pandemi Pertama di Dunia?

Jika kalian menyangka bahwa COVID-19 adalah pandemi global terburuk didunia, maka kalian salah. Ratusan tahun yang lalu, terjadi pandemi global yang sangat mengerikan, yang diamana telah menginfeksi 1/3 populasi dunia, dan menewaskan 50jt nyawa manusia pada masa itu. Berikut adalah beberapa pandemi  yang pernah melanda dunia ratusan tahun lalu.

1. The Black Death (1347)

Pandemi pertama ini terjadi di Eropa, awal dimana manusia menemukan musuh barunya, yaitu bakteri. Kata "Black Death" berasal dari korbanya, yang dimana kulit di beberapa bagian tubuhnya menjadi berwarna hitam, hal tersebut dikarenakan inveksi bakteri didalam tubuh yang disebabkan oleh bakteri Yersinia Pestis.

Banyak yang Belum Tahu, Apa Itu Pandemi?
Black Death Tahun 1347
(Sumber: inet.detik)

Bakteri ini bersumber pada kutu dan tikus,  dimana akan  menyerang kulit dan paru - paru manusia, yang menyebabkan demam, sakit kepala, infeksi paru - paru, hingga kematian. Hanya dalam kurun waktu 4 tahun, Black Death telah menewaskan sekitar 60% dari populasi Eropa pada waktu itu.

2. Flu Spanyol (1918)

Salah satu dari pandemi yang memiliki dampak terparah dalam sejarah dunia. Penyakit yang disebabkan oleh Virus Influenza Type A subtipe H1N1. Hanya dengan 2 tahun, virus ini mampu menginfeksi sekitar 1/3 populasi dunia dan menewaskan setidaknya 50jt manusia.

Banyak yang Belum Tahu, Apa Itu Pandemi?
Flu Spanyol Tahun 1918
(Sumber: Liputan6)

Virus ini bisa menyebar lewat udara, yang dimana hal tersebut menjadi salah satu sebab dari cepatnya virus ini menyebar ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, saking dahsyatnya, seorang virologi Amerika Serikat bernama Jeffery Taubenberger menyebut Flu Spanyol adalah "The Mother of  All Pandemics"


Bagaimana Cara Kita Menyikapi Pandemi COVID-19 Ini?

Kita bisa membantu meredakan pandemi ini dengan cara mengikuti himbauan pemerintah, seperti melakukan sosial distancing, mencuci tangan, dan minum vitamin setiap hari. Hal tersebut dilakukan untuk memotong rantai penyebaran virus corona itu sendiri, yang dimana virus ini sangat mudah untuk ditularkan dari manusia, ke manusia lainya.

Dan jangan lupa untuk kalian pembaca setia iKNOW, stay safe. Ikuti himbauan pemerintah, dan jangan lupa selalu cuci tangan sebelum atau sesudah melakukan sesuatu. Bersatu Kita Rapuh, Berjarak Kita Sembuh.

Short URL:

Bagikan ke teman-teman kalian

Tambahkan pendapatmu
Pemberitahuan
Situs dalam pengembangan, kritik dan saran akan diterima. Akan segera hadir juga aplikasi mobile dari iKNOW ID
Oke