Tips Lolos SBMPTN 2023 Tanpa Bimbel - Setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang SLTA, biasanya para pelajar mulai merencanakan untuk masuk universitas. Namun, proses untuk dapat melanjutkan studi ke universitas, tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak hal yang harus dilewati, termasuk sejumlah tes seperti SBMPTN.

Apa Itu SBMPTN

SBMPTN atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri, merupakan salah satu jenis seleksi yang harus diikuti calon mahasiswa. Khususnya yang hendak masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN).

Berikut adalah beberapa persyaratan SBMPTN 2023

  • Siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2021 atau 2022, dan sudah memiliki ijazah;
  • Siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2023, dan sudah mendapat surat keterangan lulus;
  • Memiliki kondisi kesehatan yang prima;
  • Memiliki nilai UTBK;
  • Memiliki NISN;
  • Membayar biaya UTBK;
  • Dan sebagainya.


SBMPTN bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa, yang diperkirakan mampu menyelesaikan studinya di perguruan tinggi negeri (PTN).

Kehadiran SBMPTN seolah menjadi momok bagi para calon mahasiswa. Wajar saja, mengingat mereka harus bersaing dengan ribuan atau bahkan jutaan peserta, untuk dapat masuk ke PTN impian.

Bimbel atau bimbingan belajar, merupakan salah satu cara yang dipilih calon mahasiswa, untuk meningkatkan kemungkinan lolos SBMPTN. Padahal, tanpa mengikuti Bimbel sekalipun, tidak menutup kemungkinan untuk dapat lolos SBMPTN.


Dan berikut adalah Tips Lolos SBMPTN Tanpa Bimbel.

1. Belajar dari soal tahun lalu

Tips pertama, anda bisa mempelajari soal SBMPTN tahun lalu. Hal ini dikarenakan, biasanya soal yang muncul tidak akan jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Mempelajari soal secara langsung juga lebih efektif dibandingkan menghapal teori suatu mata pelajaran. Karena, anda bisa mengetahui tingkat kesulitan sebuah soal, sekaligus mengukur kesiapan.


2. Pelajari Konsep Pelajaran

Sebelum menghadapi ujian, biasanya kita menghapal berbagai materi pelajaran. Namun, lain halnya jika anda akan mengikuti SBMPTN. Pasalnya, rata-rata soal SBMPTN lebih ke menguji nalar serta pemahaman, terhadap ilmu sains dan sosial. Jika anda masih belajar menggunakan cara lama, cobalah belajar dengan memahami konsep dan prespektif dari ilmu pengetahuan.


3. Fokus Belajar

Seperti yang kita ketahui, persaingan di SBMPTN sangatlah ketat. Bayangkan saja, anda harus bersaing dengan ribuan peserta lain, untuk mendapatkan kesempatan masuk PTN.

Persiapan yang matang merupakan kunci untuk menaklukan SBMPTN. Idealnya, persiapan dilakukan minimal 6 bulan sebelum mengikuti SBMPTN. Dalam jangka waktu tersebut, cobalah untuk fokus belajar. Hindari kegiatan yang tidak penting. Jangan lupa untuk membuat target belajar, agar proses belajar anda lebih terstruktur.


4. Perbanyak Latihan

Selain belajar, anda juga harus rajin mengerjakan soal-soal latihan. Hal ini bertujuan, untuk memberi gambaran tentang jenis soal yang akan muncul.

Mengerjakan berbagai soal latihan, juga dapat membantu mengevaluasi kelemahan anda.


5. Ikut Try Out

Try Out bertujuan untuk menguji kemampuan, dan kesiapan sebelum menghadapi SBMPTN. Selain melatih pemahaman, Try Out juga dapat melatih mental sebelum menghadapi SBMPTN yang sebenarnya.

Anda bisa mengikuti Try Out secara mandiri, maupun Try Out berbayar.


6. Sharing dan Berdoa

Selain berusaha, jangan lupa juga berdoa. Karena usaha sebesar apapun, tidak akan berhasil jika tidak disertai do'a. Anda juga bisa sharing dengan calon peserta SBMPTN lain, tentang materi pelajaran, atau keluh kesah dan kesulitan saat belajar.

Jika semua usaha telah dilakukan, dan masih belum lolos SBMPTN. Jangan berkecil hati. Anda bisa mencoba mendaftar di tahun depan, dengan persiapan yang lebih matang.

Selain itu, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk masuk ke perguruan tinggi swasta. Karena sejatinya, dimanapun kita belajar hasilnya tergantung pada diri masing-masing.

Demikian informasi mengenai Tips Lolos SBMPTN Tanpa Bimbel, semoga bermanfaat.

Yeay! Kamu berhasil berlangganan ke iKNOW ID
Selamat datang kembali! Kamu berhasil masuk.
Yeay! Kamu berhasil mendaftar.
Tautan kamu sudah kadaluarsa
Sukses! Cek email kamu dan temukan tautan ajaib untuk masuk