Awal Mula Berdirinya Bank Syariah - iKNOW ID
Artikel Baru
Loading...

Selasa, 08 Oktober 2019

Awal Mula Berdirinya Bank Syariah

Awal Mula Berdirinya Bank Syariah

Awal Mula Berdirinya Bank Syariah - Bank Syariah, tentu kata ini tidak asing lagi di telinga kita bukan? Perlu kalian ketahui Bank Syariah adalah bank yang beroprasi tanpa mengandalkan bunga. Bank Syariah juga dapat diartikan sebagai lembaga keuangan / perbankan yang operasional produknya di kembangkan berlandaskan Al Qur’an dan Al Hadist. Namun adakah yang tahu di mana Bank Syariah pertamakali didirikan? Apakah di arab? Apa di mesir? bukan itu semua sobat, ternyata Bank Syariah pertama kali ada di negara Malaysia, ingin tahu sejarah nya mari kita ulas bersama.

Pelaksanaan perbankan sebenarnya telah diterapkan pada zaman Rasulullah seperti pembiayaan penitipan harta, pinjam meminam uang bahkan pengiriman uang tetapi masih dalam skala kecil yang bersifat perseoragan dan belum terlembagakan secara sistematis seperti sekarang.

Pada tahun 1940 Malaysia mulai menerapkan Bank Syariah dalam mengelola dana jamaah haji secara nonkonvensional. Rintisan institusional lainnya adalah Islamic Rural Bank di desa Mit Ghamr pada tahun 1963 di Kairo Mesir.

Berdirinya Islamic Development Bank (IDB) pada tahun 1975 di Jeddah telah memotivasi banyak negara islam untuk mendirikan lembaga keuangan syariah. Pada awal periode 1980-an bank-bank syariah bermunculan di Mesir, Sudan, Pakistan, Iran, Malaysia, Banglades serta Turki. Secara garis besar lembaga tersebut di bagi menjadi dua kategori yaitu bank islamic komersial dan lembaga investasi dalam bentuk International Holding companies.

Di Pakistan perkembangan Bank Syariah dimulai pada tahun 1979 ketika sistem bunga dihapus dari konvensional operasional. Dari tiga institusi Nasional Investment yaitu house building finance, CO dan mutual funds of the infestment corporation of pakistan di konversi dengan sistem baru yaitu sitem perbankan syariah. Adapun di Mesir Bank Syariah yang pertama kali didirikan adalah  Faisal Islamic Bank  pada tahun 1978 dan kemudian diikuti dengan Islamic Internasional Bank for Investment and Development, bank ini beroprasi sebagai bank investasi, bank perdagangan maupun bank komersial. Adapun di malaysia Bank Islamic Malaysia barhad (BIMB) yang di dirikan pada tahun 1983 Bank Syariah pertama di asia tenggara.

Dari kutipan di atas sekarang paham kan bahwa ternyata pertama kali Bank Syariah itu berada di negara Malaysia yang awalnya hanya untuk menyimpan uang jamaah haji saja yang kemudian berkembang menjadi sebuah bank yang memiliki banyak fungsi seperti bank konvensional hingga sekarang.
Short URL:

Bagikan ke teman-teman kalian

Tambahkan pendapatmu
Buka Komentar
Pemberitahuan
Situs dalam pengembangan, kritik dan saran akan diterima. Akan segera hadir juga aplikasi mobile dari iKNOW ID
Oke