Apa Itu Startup?

Apa Itu Startup?

Apa Itu Startup?

Apa Itu Startup? - apakah perusahaan yang berbasis dibidang teknologi dan informasi? sobat iKNOW tahu GOJEK, Tokopedia, Bulakapak, nahh dari ketiga nama yang saya sebutkan itulah yang dinakaman startup. atau apa mungkin dari sobat sekalian ada yang memiliki keinginan buat mendirikan startup biar punya Jabatan keren tuhh sebagai Founder, co-founder, ataupun CEO, wahh keren banget kan kalau jabatan itu kita ceritakan keorang lain, apa lagi sama calon mertua,hehehehehehehe
Eitss tunggu dulu sebelum itu kita perlu tahu dulu nihh startup itu apa?
Dalam artikel ini akan menjelaskan apakah itu startup secara mudah versi iKNOW. Jangan lupa siapkan kopi dan cemilan biar enak bacanya, oke lets gooo

startup adalah Suatu model bisnis yang dimana didedikasikan untuk memecahkan permasalahan dan keluhan yang ada disekitar kita. Startup tidak harus melulu mengenai soal teknologi, ada juga start up yang bergerak dibidang transportasi, kesehatan ataupun pendidikan.

seperti kata Jack Ma selaku founder dari Alibaba, sebuah perusahaan e-commerce di China beliau pernah berkata bahwa:
"jangan mengeluh, biarlah orang lain mengeluh. Peluang selalu muncul ketika orang lain mengeluh"
dari pernyataan tersebutlah bisa menggambarkan secara umum konsep startup.

Saya berikan contoh:
Saat kita melihat banyak dari temen kita kesusahan dalam mengerjakan tugas, kita kepikiran nihh buat mecahin kesusahan mereka. Akhirnya kita buat aplikasi ssebut aja Pinterku-pintermu. Kita kumpulkan teman-teman yang pinter untuk menjadi seorang mentoring, disaat ada temen-temen yang kesusahan dalam mengerjakan tugas, bisa menghubungi anak-anak yang pinter tersebut untuk mengajari anak yang kesusahan tersebut dengan menghubungi mereka melalui aplikasi yang kita buat. Murid yang meminta bantuan memilih anak yang diinginkan untuk dimintai bantuan sebagai mentor lalu mentor yang dipilih menerima bantuan tersebut. Akhirnya kedua pihak bersepakat deh untuk belajar bareng.

Intinya saling menguntungkan dari kedua belah pihak, anak yang pinter bisa menyalurkan ilmunya kepada temen-temenya yang belum bisa, bagi anak-anak yang merasa kurang pinter bisa menjadi anak yang pinter juga. Seperti itu konsep sederhana dari sebuah startup, membuat sebuah sistem yang bisa memecahkan masalah.

yang namanya bisnis pasti yang diinginkan profit atau pendapatan kan, nahh terus bagaimana startup bisa mendapatkan pendapatan?

perlu diingat bahwa startup bukan seperti bisnis perdagangan, yang dimana keuntugan yang didapatkan bisa dilihat secara langsung. Startup mengandalkan sebuah jaringan untuk mendapatkan profit dari bisnis yang dijalankan. Jadi pendapatan yang didapat bukan berasal dari keuntungan langsung, namun didapatkan dari sebuah kerjasama.

sebagai contohnya, perusahaan GOJEK menawarkan sebuah fiture yang bernama gofood, fiture ini memberikan pelayanan kepada pengguna yaitu sipengguna dapat memesan makanan lewat gofood  yang nantinya akan diantarkan sampai tempat tujuan. Didalam fiture gofood itu terdapat berbagai pilihan restaurant yang tersedia untuk bisa dipesan. Dari pihak restaurant menginginkan agar restaurantnya ada didalam list tempat yang bisa dipesan,  nahh restaurant tersebut akhirnya menjalin kerjasama dengan sistem bagi hasi sebesar 20% dari total pendapatan

dari layanan pemesanan gofood tersebut. Besar harapan omset yang didapatkan dapat meningkat setelah terdaftar didalam gofood. Seperti itulah profit yang bisa didaptkan dari sebuah startup yaitu dengan menjalin kerjasama yang baik kepada pihak-pihak yang membutuhkan layanan dari startup yang kita jalankan.

Bagi sobat iKNOW yang memiliki keinginan mendirikan sebuah startup, pikirkan terlebih dahulu signature atau mengapa orang harus memakai layanan dari startup yang ingin didirikan.
Jangan mudah menyerah dan selalu berinovasi itulah kunci dari seorang founder startup.
 
Dari penjelasan tersebut terjawab sudah apa itu startup, setelah sobat iKNOW tahu apa itu startup apakah termotivasi untuk mendirikan sebuah startup, tulis dikolom komentar untuk memberikan tanggapan kalian.

 iKNOW - Simple Way to Know


Anda mungkin menyukai postingan ini