Kenapa Bendera Indonesia Warnanya Merah dan Putih? - iKNOW ID
Artikel Baru
Loading...

Minggu, 22 September 2019

Kenapa Bendera Indonesia Warnanya Merah dan Putih?

Kenapa Bendera Indonesia Warnanya Merah dan Putih?

Kenapa Bendera Indonesia Warnanya Merah dan Putih? - Pernahkah terpikir kenapa warna bendera negara kita ini merah dan putih, kenapa gak yang lain aja, hitam dan putih misalnya? Untuk menjawab soal pertanyaan tersebut, mari ketahui dulu kembali ke jaman ketika sebelum kemerdekaan. Hampir semua masyarakat Indonesia bahkan anak SD pun tahu akan filosofis ini, merah yang berarti keberanian dan putih melambangkan kesucian.

Tahukah kalian? Bahwa warna merah dan putih sendiri sudah digunakan sejak Kerajaan Majapahit pada abad ke-13 sebagai panji atau sejenis bendera yang digunakan dalam peperangan untuk memberitahu titik berkumpul kepada pasukan dan menandai lokasi panglima perang lho!

Selain itu, terdapat catatan yang menyebutkan bahwa penggunaan bendera merah putih dapat ditemukan dalam Pararaton (kitab yang berisi sejarah raja-raja Singhasari dan Majapahit) yang menyebutkan bahwa balatentara Jayakatwang dari Gelang-gelang mengibarkan panji berwarna merah dan putih saat menyerang Singhasari. Hal ini berarti sebelum masa Majapahit pun warna merah dan putih telah digunakan sebagai panji kerajaan, mungkin sejak masa Kerajaan Kediri.

Tidak cuman sampai di situ, ketika terjadi perang Jawa (1825-1830 M) Pangeran Diponegoro juga memakai panji-panji berwarna merah putih dalam perjuangannya melawan Belanda.
Hingga pada awal abad 20 digunakan sebagai bentuk nasionalisme terhadap Belanda, yang digunakan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928, bendera ini juga sempat dilarang oleh pemerintahan pada masa itu. Hingga pada akhirnya resmi dijadikan sebagai bendera nasional Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Oh iya ada lagi nih, pada tanggal 19 September 1945 di hotel Yamato Surabaya juga sempat terjadi peristiwa perobekan bendera Belanda menjadi bendera Indonesia, bagian bawah bendera Belanda yang berwarna biru dirobek dan kemudian jadilah bendera merah putih. Kejadian ini terjadi karena gagalnya perundingan antara Sudirman dan Mr. W.V.Ch Ploegman untuk menurunkan bendera Belanda. Apakah ini juga asal-usul sebab warna merah putih Indonesia, bagaimana pendapatmu?

Jadi dari penjelasan di atas kalian tahu kan kenapa bendera Indonesia berwarna merah putih? Warna merah putih sendiri sudah digunakan sejak abad ke-13 dan digunakan oleh beberapa kerajaan pada saat itu.
Short URL:

Bagikan ke teman-teman kalian

Tambahkan pendapatmu
Buka Komentar
Pemberitahuan
Situs dalam pengembangan, kritik dan saran akan diterima. Akan segera hadir juga aplikasi mobile dari iKNOW ID
Oke