Mengapa Ibnu Sina Disebut Sebagai Bapak Kedokteran Dunia? - iKNOW ID
Artikel Baru
Loading...

Minggu, 29 September 2019

Mengapa Ibnu Sina Disebut Sebagai Bapak Kedokteran Dunia?

Mengapa Ibnu Sina Disebut Sebagai Bapak Kedokteran Dunia?

Mengapa Ibnu Sina Disebut Sebagai Bapak Kedokteran Dunia? - Apakah Ibnu Sina adalah orang pertama kali yang lulus fakultas kedokteran? atau, Ibnu Sina adalah orang yang menjadi dokter pertama kali sepanjang sejarah dunia? tentu saja tidak seperti itu... hehe...
Nahhh, sebelum kita membahas lebih jauh, kita kenali dulu siapa Ibnu Sina itu dan kenapa Ibnu Sina bisa disebut sebagai Bapak Kedokter Dunia.

Ibnu Sina merupakan tokoh ilmuan yang memiliki kecerdasan yang setara dalam bidang ilmu, khususnya filsafat dan kedokteran. Dalam sejarah pemikiran filsafat abad pertengahan, sosok Ibnu Sina dikenal sebagai pribadi yang mengetahui banyak hal unik, sedang diantara para filosof muslim ia tidak hanya unik, tetapi juga memperoleh penghargaan yang semakin tinggi hingga masa modern. Ia adalah satu-satunya  filosof besar Islam yang telah berhasil membangun sistem filsafat secara lengkap dan terperinci.

Ilmu kedokteran dalam Islam merupakan pengembangan dari ilmu pengetahuan peninggalan Yunani, demikian pula konsep kedokteran Ibnu Sina yang didasarkan pada temuan Galen, seorang ilmuan Yunani Kuno.

Ibnu Sina bernama lengkap Abu Ali al-Husayn  Ibn Abdullah Ibn Hasan Ibn Ali Ibn Sina. Ia lahir pada tahun 3370 H/980M di Afshana (Kharmisin), sebuah kota kecil dekat dengan Bukhara, sekarang wilayah Uzbekistan (bagian dari  persia), ayahnya bernama Abdullah seorang sarjana yang terhormat penganut Syi’ah Isma’illiyah.

Ia berasal dari Balkh Khorasan, adalah suatu kota yang termasyhur dikalangan orang-orang yunani dengan nama Bakhtra. Ayahnya tinggal di kota Balkh, tetapi beberapa tahun setelah lahirnya Ibn Sina, keluarganya pindah ke Bukhara karena ayahnya menjadi gubernur di suatu daerah disalah satu pemukiman Daulat Samaniyah pada masa pemerintahan Amir Nuh Ibn Mansur.

Ibnu Sina adalah seorang ensiklopedis, filsuf, fisiologis, dokter, ahli matematika, astronomer dan sastrawan. Bahkan dibeberapa tempat ia lebih dikenal sebagai sastrawan dari pada seorang filsuf. Dia adalah ilmuan dan filsuf muslim yang sangat terkenal dan salah seorang ilmuwan dan filsuf terbesar sepanjang masa. Diakui oleh semua orang bahwa pemikiranya merepresentasikan puncak filsafat Arab. Dia adalah seorang dokter yang ternama, Ia menulis kitab kedokteran yang bernama Qanun Fi Ath-Thibb, yang menjadi menjadi rujukan diberbagai Universitas di Eropa.
 
Dari penjelasan di atas paham kan kenapa Ibnu Sina disebut sebagai Bapak Kedokteran Dunia.

Short URL:

Bagikan ke teman-teman kalian

Tambahkan pendapatmu
Buka Komentar
Pemberitahuan
Situs dalam pengembangan, kritik dan saran akan diterima. Akan segera hadir juga aplikasi mobile dari iKNOW ID
Oke